Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sering Ngompol Setiap Bersin Saat Hamil, Akankah Ini Berlangsung Selamanya ?


Banyak wanita hamil mengalami inkontinensia stres, yaitu keluarnya urin tanpa disadari saat batuk atau bersin. Mengompol dlsebabkan oleh kendurnya otot-otot dasar panggul-sekelompok otot dan ligamen yang menunjang organ panggul akibat hormon-hormon kehamilan. Selain itu, bayi yang semakin membesar akan memberikan tekanan yang lebih besar pada kandung kemih, sehingga inkontinensia stres lebih cenderung terjadi.

Selain itu dianjurkan juga untuk melakukan latihan dasar panggul untuk mengurangi kecenderungan mengompol. Latihan ini dapat dimulai pada tahap kehamilan manapun, namun semakin dini Anda mulai, semakin baik; setelah dipahami, teknik ini akan terasa sederhana. Oleh karena ini merupakan latihan yang tak terlihat, maka cukup mudah untuk melakukan latihan ini tanpa disadari oleh orang lain.

Inkontinensia stres seharusnya menghilang setelah melahirkan, walaupun dapat memerlukan waktu sampai 6 minggu. Terkadang masalah ini dapat berlangsung lebih lama, bergantung pada jenis persalinan. Persalinan vaginal alami cenderung menyebabkan masalah ini lebih lama dibandingkan persalinan dengan operasi Caesar.

Posting Komentar untuk "Sering Ngompol Setiap Bersin Saat Hamil, Akankah Ini Berlangsung Selamanya ?"