Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saya memiliki tubuh yang kecil, apakah ini akan menjadi masalah ketika melahirkan ?


Di masa lalu, dokter biasanya mengukur kaki wanita hamil untuk menilai kecenderungan mereka perlu menjalani operasi Caesar, karena kaki kecil dianggap merupakan petunjuk panggul yang sempit. Walaupun ada benarnya juga bahwa kaki kecil umumnya menunjukkan bahwa wanita tersebut memiliki kerangka kecil sehingga cenderung berpanggul kecil, wanita bertubuh kecil cenderung memiliki bayi kecil yang sesuai dengan ukuran panggul mereka. Adanya cephalopelvic disproportion (CPD) yang sebenarnya, di mana kepala bayi jauh lebih besar daripada ukuran panggul untuk bisa dilahirkan secara normal melalui vagina, relatif jarang terjadi.

Selama proses persalinan terdapat beberapa faktor yang membantu Anda melahirkan bayi. Panggul bukanlah struktur yang kaku dan hormon relaksin akan membantu melunakkan ligamen sekaligus menahan tulang panggul untuk membantu panggul meregang dan mengeluarkan bayi. Selam itu, kepala bayi telah dirancang untuk berubah bentuk.

Tengkorak tersusun atas tulang-tulang terpisah yang mampu saling tumpang-tindih untuk mengurangi ukuran kepala saat melewati panggul selama persalinan. Posisi persalinan juga memengaruhi dimensi panggul. Misalnya, berjongkok dapat meningkatkan ukuran panggul bagian dalam sekitar 30 persen. Posisi duduk, atau berbaring dapat mengurangi ukuran ini akibat adanya tahanan dari pergerakan alami ke arah belakang tulang ekor selama proses melahirkan.

Posting Komentar untuk "Saya memiliki tubuh yang kecil, apakah ini akan menjadi masalah ketika melahirkan ?"