Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Seorang Bayi Pertama Kali Dapat Mengisap Ibu Jarinya ?

USG menunjukkan bayi mengisap ibu jarinya sejak usia kehamilan 12 sampai 14 minggu. Namun demikian, sepertinya pada tahap ini mengisap jari merupakan suatu refleks karena otak tidak memiliki kontrol terhadap gerakan-gerakan yang disadari sebelum janin berkembang lebih jauh lagi saat hamil tua.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika bayi dalam kandungan menunjukkan kecenderungan mengisap, misalnya, ibu jari kanannya, maka ia akan lebih cenderung berbaring dengan kepala menghadap kanan setelah lahir. Penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa kecenderungan ini di dalam kandungan juga dapat digunakan untuk memprediksi kidal atau tidaknya bayi tersebut saat ia tumbuh.

Kapan bidan mulai dapat mendengar denyut jantung bayi saya ? Bidan seharusnya sudah dapat mendengar denyut jantung bayi anda saat usia kehamilan sekitar 12 minggu dengan menggunakan alat genggam yang disebut 'socaid'. Suara denyut jantung bayi menyerupai suara kuda berlari, dan kecepatannya biasanya antara 120 sampai 140 kali per menit, sekitar dua kali lipat denyut anda.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi apakah denyut jantung bayi dapat didengar atau tidak. Misalnya, jika anda terlalu gemuk, atau bayi dalam posisi yang kurang baik, akan lebih sulit untuk mendengar jantung. Jika bidan tidak mampu mengetahui denyut jantung bayi anda pada usia 12 minggu, cobalah untuk tidak khawatir. Pada tahap ini, bayi hanya berukuran 5 cm, sedemikian kecil ! Bidan akan mencoba lagi dalam beberapa minggu. Yang pasti, pada usia 16 minggu seharusnya akan lebih mudah untuk mendengar suara denyut jantung bayi anda.

Posting Komentar untuk "Kapan Seorang Bayi Pertama Kali Dapat Mengisap Ibu Jarinya ?"