Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Tips Ampuh Mengatasi Kram Tungkai Hebat Saat Hamil


Kram tungkai, ketika otot-otot tungkai terasa kaku dan nyeri, lazim terjadi saat hamil, khususnya pada malam hari, yang mungkin disebabkan oleh tekanan rahim pada saraf panggul. Keadaan ini biasanya menghilang sendiri setelah Anda turun dari tempat tidur dan menggunakan otot-otot Anda. Namun demikian, jika nyeri tidak reda dan jika salah satu tungkai memerah atau bengkak, Anda sebaiknya mencari bantuan medis segera untuk mencegah pembekuan darah.

Untuk mengurangi kejadian atau tingkat keparahan kram, minumlah banyak air untuk menghindari dehidrasi. Selain itu, cobalah untuk melakukan latihan peregangan tungkai dan latihan pergelangan kaki. Pertama-tama putar tumit dan kemudian goyangkan ibu jari kaki, sebelum naik ke tempat tidur. Olahraga ringan, seperti berjalan atau berenang, juga dapat membantu.

Meminta tolong suami, teman, atau saudara untuk memijat tungkai Anda, khususnya otot betis, juga dapat memperbaiki peredaran darah. Beberapa penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi suplemen magnesium dapat mengurangi terjadinya kram, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Posting Komentar untuk "Berikut Tips Ampuh Mengatasi Kram Tungkai Hebat Saat Hamil"