Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Berbagai Pilihan Perawatan Antenatal Bagi Ibu Hamil

Berbagai pilihan untuk perawatan antenatal bervariasi antardaerah, sehingga bagian ini akan menyajikan gambaran umum saja. Anda akan menemukan pilihan yang lebih banyak lagi saat melakukan kunjungan pertama, biasanya sekitar minggu ke-8-12. Bidan merupakan spesialis dalam memberikan perawatan kehamilan jika tidak terdapat komplikasi dan akan berperan pada sebagian besar perawatan antenatal. Karena para bidan terlatih menangani kelahiran normal, maka para wanita seharusnya menemui , dokter hanya jika terdapat masalah, atau jika mereka berisiko tinggi mengalami komplikasi. Terdapat tiga jenis perawatan utama: perawatan umum perawatan kebidanan, dan perawatan oleh konsultan.

Apa itu perawatan umum? Sebagian besar wanita melakukan kunjungan antenatal ke dokter atau bidan setempat selama kehamilan, dengan beberapa kali kunjungan ke rumah sakit untuk melakukan USG rutin atau untuk memeriksa adanya masalah. Perawatan kemudian dialihkan ke bidan dan dokter kandungan di rumah sakit, jika diperlukan, untuk kelahiran dan rawat inap pascamelahirkan.

Bagaimana cara kerja perawatan kebidanan ? Di beberapa daerah, tim bidan setempat menyediakan perawatan berkelanjutan selama kehamilan, kelahiran, dan periode pascamelahirkan, dan apabila jenis perawatan ini tersedia, pilihan ini populer pada kehamilan berisiko rendah karena para wanita dapat menjalin hubungan baik dengan bidan mereka. Bidan setempat bertanggung jawab untuk perawatan antenatal Anda, perawatan di rumah sakit selama proses persalinan dan kelahiran, serta melakukan kunjungan ke rumah setelah persalinan. Anda tidak dijamin akan bertemu sam bidan saja selama kehamilan dan kelahiran. Oleh karena itu. merupakan hal yang bagus untuk mengatur kunjungan antenatal dengan bidan yang berlainan dalam tim tersebut, agar Anda bertemu dengan sebanyak mungkin anggota tim selama kehamilan. Dengan demikian, nantinya Anda sudah mengenal bidan yang akan menangani persalinan.

Kapan Anda memerlukan perawatan oleh konsultan? Para wanita dengan kondisi medis yang telah ada sebelumnya, seperti hipertensi, atau dengan kehamilan yang lebih kompleks, seperti kehamilan kembar, mungkin perlu melakukan sebagian besar kunjungan dengan dokter kandungan. Sebagian besar kunjungan mereka akan dilakukan di rumah sakit. Pada kondisi lainnya, seperti diabetes atau epilepsi. mungkin dibutuhkan perawatan dua spesialis: dokter yang ahli menangani kondisi medis yang bersangkutan dan juga dokter kandungan. Bidan rumah sakit biasanya juga akan berperan dalam jenis perawatan ini.

Bagaimana dengan bidan swasta ? Di luar bidan pegawai negeri, terdapat juga pilihan bidan swasta. Bidan swasta adalah bidan yang memilih untuk bekerja pada sektor kesehatan swasta. Mereka meminta bayaran untuk perawatan antenatal, perawatan selama proses persalinan dan kelahiran, serta perawatan pascamelahirkan. Karena mereka hanya merawat sedikit wanita, bidan swasta dapat memberikan perawatan berkelanjutan yang tidak selalu tersedia. Mereka juga akan memberikan perawatan sesuai dengan kebutuhan perorangan, misalnya dalam menjadwalkan kunjungan antenatal yang paling sesuai untuk Anda. Anda dapat mendapatkan informasi yang lebih detail dengan mengunjungi situs web dari beberapa organisasi terkait.

Apakah saya akan mendapatkan perawatan yang berbeda jika saya melahirkan di rumah? Seperti persalinan di unit bersalin rumah sakit, terdapat juga pilihan untuk melakukan persalinan di rumah. Apabila kehamilan tidak bermasalah, penelitian tidak menemukan adanya perbedaan keamanan antara melahirkan bayi di rumah atau di mmah sakit. Jika Anda melahirkan di rumah, perawatan antenatal akan dilakukan oleh bidan setempat di lingkungan Anda yang berhubungan dengan unit persalinan. Begitu Anda memasuki proses persalinan, bidan akan mendampingi sampai Anda melahirkan, dan ia akan berkunjung secara teratur antara 10 dan 28 hari setelah bayi lahir, atau Anda dapat mendatangi pusat perawatan pascamelahirkan di sekitar Anda.

Bagaimana memilih perawatan antenatal? Hal ini sebagian ditentukan oleh ketersediaan perawatan di lingkungan Anda. Berbicara dengan ibu-ibu yang memiliki anak yang masih kecil di lingkungan Anda dapat berguna untuk mendapatkan saran atau rekomendasi. Jenis perawatan yang Anda dapatkan juga bergantung pada keputusan di mana Anda akan melahirkan. Jika memiliki kehamilan berisiko rendah dan memutuskan untuk melahirkan di rumah atau di unit bersalin, Anda mungkin hanya akan bertemu dengan bidan atau dokter di rumah Anda atau kamar praktik dokter. Jika terdapat komplikasi, perawatan akan dibagi antara bidan dan dokter serta dokter kandungan rumah sakit.

Posting Komentar untuk "Berikut Berbagai Pilihan Perawatan Antenatal Bagi Ibu Hamil"