Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah sebagian besar perkembangan otak bayi yang sangat penting terjadi pada trimester pertama ?


Otak bayi Anda mulai berkembang segera setelah konsepsi, saat sel-sel otak mulai terbentuk pada ujung embrio. Setelah sekitar tiga minggu, sebuah struktur yang dikenal sebagai 'tabung saraf' mulai berubah menjadi medula spinalis, sementara otak serta sel otak (neuron) mulai berkembang dan mengirimkan pesan satu sama lain. Pada minggu-minggu pertama, sel-sel otak berlipat ganda dalam kecepatan sekitar 250.000 per menit.

Setelah sekitar 20 minggu kehamilan, kecepatan melipat-ganda mulai melambat dan otak mulai mengorganisasi diri menjadi lebih dari 40 sistem yang mengatur penglihatan, bahasa, pergerakan, pendengaran, dan fungsi-fungsi lainnya. Pada pertengahan masa kehamilan, hampir semua sel otak bayi yang diperlukan untuk hidup telah terbentuk.

Selama trimester ketiga, hubungan antarsel otak mulai matang dan sistem saraf bayi semakin berkembang. Perkembangan otak belum sempurna pada saat bayi lahir, dan banyak hubungan dalam otak yang membantu perkembangan keterampilan serta kepribadian dibentuk setelah lahir.

Jadi, walaupun perkembangan otak janin terjadi selama dan setelah kehamilan, landasan yang penting terbentuk selama tiga bulan pertama.

Posting Komentar untuk "Benarkah sebagian besar perkembangan otak bayi yang sangat penting terjadi pada trimester pertama ?"