Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diet selama hamil ? Berikut rekomendasi makanan untuk anda dan bayi

Diet yang sehat selalu merupakan hal penting, namun selama kehamilan hal ini sangat krusial untuk memastikan bahwa Anda dan bayi mendapatkan semua zat gizi yang dibutuhkan; gizi yang cukup akan membantu bayi anda tumbuh dan berkembang, serta membantu anda untuk tetap bugar dan sehat. Santaplah makanan yang bervariasi setiap harinya agar memperoleh gizi seimbang, dan hindari beberapa jenis makanan yang mungkin berbahaya untuk bayi anda yang sedang berkembang.

Buah dan sayuran : Makanlah setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari, khususnya sayuran berdaun hijau yang kaya zat besi. Anda akan memperoleh vitamin dan mineral yang esensial serta serat, yang akan membantu pencernaan dan mencegah sembelit. Idealnya, sayuran ini dimasak sebentar atau dimakan mentah. Buah dan sayuran yang dibekukan, dikalengkan, dan dikeringkan baik untuk persediaan.

Manfaat zat besi : Zat besi sangat penting untuk produksi hemoglobin, dan anda perlu meningkatkan asupan zat ini selama hamil untuk mendukung penambahan volume darah anda. Jika kekurangan zat besi, anda akan sering merasa lelah dan dapat mengalami anemia. Daging merah, sayuran berdaun hijau, dan buah yang dikeringkan serta kacang-kacangan mengandung zat besi.

Makanan yang mengandung pati : Makanan yang mengandung pati, seperti roti, kentang, nasi, pasta, ubi-ubian, dan sereal sarapan, sebaiknya merupakan bagian utama hidangan dan merupakan sumber vitamin dan serat yang penting. Cobalah untuk memakan gandum / roti, sereal, dan pasta karena mengandung lebih banyak serat dan dapat mencegah sembelit.

Protein : Anda mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan per minggu dan memakan satu porsi telur (yang matang), kacang-kacangan, lentil, daging, atau ayam yang dimasak setiap hari. Hindari hati (termasuk pare hati) karena mengandung kadar vitamin A yang tinggi, yang dapat meningkatkan risiko cacat lahir.

Makanan olahan susu : Makanan yang mengandung susu, seperti keju dan yogurt, mengandung kalsium, yang sangat penting untuk tulang yang sehat. Penting untuk meningkatkan asupan kalsium dalam jumlah yang tinggi sebelum dan selama kehamilan. Hindari keju lunak yang tidak dipasteurisasi (seperti Camembert, Brie, dan Chevre) dan blue cheese, karena dapat mengandung bakteri Listeria yang berbahaya.

Minuman : Selama kehamilan volume darah anda akan meningkat, sehingga penting untuk menjaga asupan cairan. Air adalah yang terbaik, walaupun jus buah juga baik. Cobalah untuk membatasi teh paling banyak 6 cangkir sehari, dan kopi 3 cangkir sehari. Alkohol tidak direkomendasikan.

Makanan yang harus dibatasi : Batasi asupan gula dan makanan manis, seperti permen, kue, biskuit, dan minuman berkarbonasi, karena semua itu mengandung kalori namun tak bergizi. Batasi juga konsumsi lemak tinggi kalori dan makanan berlemak.

Diet vegetarian : Diet ini perlu menyediakan asupan zat besi, kalsium, vitamin B12, dan protein yang cukup. Diet ini mencakup produk susu, polong-polongan, sereal yang diperkaya (difortifikasi), telur, biji-bijian dan kacang-kacangan, serta sayuran berdaun hijau. Konsultasikan dengan dokter mengenai suplemen yang diperlukan.

Posting Komentar untuk "Diet selama hamil ? Berikut rekomendasi makanan untuk anda dan bayi"