Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saya telah mengalami tiga kali keguguran dan saya takut untuk hamil lagi, apa yang dapat saya lakukan ?


Mengingat pengalaman anda, dapat dimengerti jika mencoba hamil lagi merupakan rencana yang menakutkan. Setelah keguguran yang ketiga, biasanya dokter akan menawarkan sejumlah tes untuk menyelidiki penyebab keguguran tersebut. Pada beberapa kasus, penyebab dapat diketahui dan terapi diberikan untuk membantu memperbaiki kualitas kehamilan berikutnya.

Anda mungkin akan menjalani beberapa tes darah. Pemeriksaan ini bertujuan mencari antibodi (protein di dalam darah yang melawan setiap zat yang dikenali sebagai 'benda asing' bagi tubuh), kelainan kromosom, dan infeksi. Anda mungkin juga akan menjalani pemeriksaan fisik dan pengambilan apusan vagina serta USG untuk memeriksa rahim dan saluran telur. Jika ditemukan kelainan kromosom, anda akan ditawari konseling genetik untuk mendiskusikan dampaknya pada kehamilan berikutnya. Kadar hormon progesteron dan prolaktin juga diperiksa karena keduanya dapat berperan dalam keguguran. Kadang-kadang, leher rahim dalam kondisi melemah dan cenderung untuk membuka lebih dini. Jika inilah masalahnya, anda mungkin ditawari pengencang leher rahim yang bekerja seperti tali serut tas pada leher rahim dan diharapkan dapat mencegah keguguran atau persalinan prematur.

Jika anda belum ditawari tes-tes tersebut, konsultasikanlah kepada dokter sebelum mencoba hamil lagi sehingga anda dapat mencoba terapi yang disarankan sesegera mungkin.

Posting Komentar untuk "Saya telah mengalami tiga kali keguguran dan saya takut untuk hamil lagi, apa yang dapat saya lakukan ?"