Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saya sepertinya tidak hamil-hamil, apakah karena berat badan saya berlebih ?


Berat badan berlebih dapat mempengaruhi kesuburan. Memperkirakan indeks masa tubuh (IMT), perhitungan lemak tubuh berdasarkan berat dan tinggi badan dapat membantu mengukur apakah berat anda ideal untuk tinggi anda. Indeks masa tubuh yang normal adalah 19-24; IMT 25-29 menunjukkan berat badan berlebih; 30-39 obes; dan lebih dari 39 sangat obes.

Wanita dengan berat badan berlebih sepertinya memiliki tingkat kesuburan yang lebih rendah dan tingkat keguguran yang lebih tinggi, sehingga wanita yang merencanakan kehamilan dianjurkan untuk mempertahankan IMT dalam kisaran 20-25 untuk memperbaiki kesehatan reproduksinya. Alasan yang mengaitkan IMT dan kesuburan belum seluruhnya jelas, namun dikatakan bahwa keseimbangan hormon terganggu ketika tubuh mengandung berat lemak yang lebih banyak dibandingkan kondisi optimal. Jika anda mengalami kelebihan berat badan, anda juga memiliki resiko komplikasi yang lebih tinggi selama kehamilan, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes, dan tambahan berat badan akibat kehamilan akan menambah tekanan pada sendi-sendi anda.

Penurunan berat badan walaupun sedikit dapat meningkatkan kemungkinan anda untuk hamil dan memiliki kehamilan yang sehat. Jika anda memiliki masalah dengan berat badan, ada baiknya bertanya dan meminta saran dari dokter atau perawat.

Posting Komentar untuk "Saya sepertinya tidak hamil-hamil, apakah karena berat badan saya berlebih ?"