Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saya pernah mengalami keguguran beberapa kali dan dokter merujuk saya ke konselor genetik, mengapa ?


Konselor genetik adalah profesional yang sangat terlatih yang memberikan dukungan kepada keluarga sebelum dan setelah konsepsi. Keguguran sangat sering disebabkan oleh kelainan genetik pada sel telur yang telah dibuahi atau embrio. Keguguran biasanya hanya terjadi sekali dan dapat terjadi pada setiap wanita. Namun demikian, jika seorang wanita mengalami keguguran berulang, mungkin ia memiliki kelainan genetik.

Wanita dan pasangannya dirujuk ke konselor genetik jika salah satu dari mereka mengidap kelainan yang dapat mempengaruhi anak-anak mereka nanti, kesempatan untuk hamil, ataupun kelanjutan kehamilan (karena ibu mungkin akan mengalami keguguran atau disarankan untuk mengakhiri kehamilan). Misalnya, jika terdapat riwayat penyakit sel sabit, yaitu suatu kelainan darah yang menyebabkan anemia kronik dan peningkatan risiko kelahiran kurang bulan serta masalah kesehatan pada bayi, maka mungkin salah satu atau kedua calon orang tua merupakan pembawa gen yang dapat mempengaruhi bayi.

Seorang konselor genetik dapat membantu anda memahami bagaimana gen dapat mempengaruhi konsepsi dan kehamilan, juga mengenai berbagai tes yang tersedia untuk menentukan apakah janin mengidap kelainan. Konselor akan mendiskusikan berbagai macam masalah, termasuk masalah moral dan etika yang berhubungan dengan tes genetik, karena orang tua sering kali mengalami stres, rasa bersalah, dan kebingungan dalam situasi ini.

Posting Komentar untuk "Saya pernah mengalami keguguran beberapa kali dan dokter merujuk saya ke konselor genetik, mengapa ?"