Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu IVF ? Dan bagaimana langkah-langkahnya ?


IVF, atau pembuahan In Vitro (kerap disebut bayi tabung), merupakan tindakan yang melibatkan pengambilan sel telur melalui operasi, yang kemudian digabungkan dengan sperma di dalam tabung reaksi agar terjadi pembuahan dan pembentukan embrio di luar rahim.

Terapi IVF dilangsungkan dalam beberapa siklus, karena terdapat berbagai tahap yang harus diselesaikan agar berhasil. Pada awalnya digunakan obat-obatan dalam bentuk semprotan hidung atau suntikan untuk mengubah siklus produksi sel telur dalam ovarium, yang dikenal sebagai "down-regulation". Setelah itu digunakan obat-obatan kesuburan guna merangsang ovarium menghasilkan lebih dari satu sel telur (induksi ovulasi).

Sel telur yang matang kemudian diambil dari ovarium dengan menggunakan jarum halus yang dipandu USG (ultrasonografi). Prosedur ini biasanya terasa tidak nyaman, bukan menyakitkan. Pada hari yang sama, sperma dari pasangannya dikumpulkan, dan kemudian sperma dan sel telur digabungkan dalam sebuah tabung. Setelah beberapa hari, satu atau kadang-kadang dua embrio dipindahkan ke dalam rahim. Jika sebuah embrio berhasil menempel pada bagian dalam rahim dan dapat berkembang, terjadilah kehamilan.

Posting Komentar untuk "Apa itu IVF ? Dan bagaimana langkah-langkahnya ?"