Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mungkin saya baru ingin hamil tahun depan, apa yang perlu dipersiapkan ?


Menjalankan gaya hidup sehat dan memperbaiki kesehatan umum anda merupakan tindakan yang bijaksana jika anda merencanakan kehamilan. Mulailah dengan memperhatikan diet. Apakah telah seimbang ? Dapatkah anda mengurangi jumlah garam, gula, atau makanan cepat saji dalam diet anda ? Anda juga harus meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran, yang merupakan sumber utama asam folat. Olahraga juga penting. Jika anda saat ini telah rutin berolahraga sebaiknya lanjutkanlah, atau lakukan olahraga ringan, seperti berenang atau berjalan, yang ideal untuk sebelum, selama, dan setelah kehamilan. Jika anda merokok, berusahalah untuk berhenti, karena sangat bermanfaat untuk kesehatan umum anda dan, yang lebih khusus lagi, mengurangi resiko keguguran, kelahiran mati, kelahiran prematur, berat lahir rendah, dan kematian bayi mendadak. Selain itu, anda juga harus berusaha menghentikan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol. Baru-baru ini departemen kesehatan (Inggris) merekomendasikan untuk benar-benar menghindari alkohol ketika merencanakan kehamilan dan selama hamil, karena kadar asupan alkohol yang aman sulit ditentukan.

Memeriksa status rubella merupakan tindakan yang bijaksana karena rubella dapat menyebabkan kelainan janin jika anda tidak mempunyai imunitas (kekebalan) terhadap organisme ini dan terjadi infeksi pada tiga bulan pertama kehamilan. Jika imunitas anda rendah, anda bisa diberi vaksin dan kemudian menunggu selama tiga bulan sebelum diperbolehkan untuk hamil.

Jika anda sedang menderita penyakit-penyakit tertentu atau sedang dalam terapi obat-obatan, bertanyalah kepada dokter atau perawat mengenai efeknya terhadap kehamilan.

Saat mulai merencanakan kehamilan, catatlah hari pertama menstruasi anda setiap bulan karena hal itu perlu diketahui dokter atau bidan untuk memperkirakan tanggal kelahiran.

Posting Komentar untuk "Mungkin saya baru ingin hamil tahun depan, apa yang perlu dipersiapkan ?"