Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah merokok membuat saya tidak bisa hamil ?


Terdapat bukti bahwa merokok dapat menggangu siklus menstruasi dan kesehatan reproduksi. Perokok wanita yang ingin memiliki momongan memerlukan waktu dua bulan lebih lama untuk hamil dibandingkan dengan wanita bukan perokok. Tidak jelas bagaimana merokok dapat merusak kesuburan wanita, namun merokok dapat mempengaruhi pelepasan sel telur sebelum pembuahan atau pun kualitas telur. Diperkirakan perlu waktu tiga bulan dari saat berhenti merokok agar kesuburan dapat membaik.

Berhenti merokok merupakan salah satu hal penting yang dapat anda lakukan untuk diri anda sendiri dan untuk kesehatan kehamilan yang akan datang. Jika saat ini anda merokok, sebaiknya berhentilah, atau setidaknya mengurangi, meskipun anda tidak berniat memiliki bayi dalam waktu dekat. British Medical Association (semacam IDI [Ikatan Dokter Indonesia] di Indonesia) memperkirakan bahwa merokok dan merokok pasif merupakan penyebab 5000 keguguran dan 120.000 kasus impotensi pada pria yang berusia antara 30 dan 50 tahun setiap tahun. Wanita yang merokok juga lebih besar kemungkinannya mengalami kehamilan ektopik atau keguguran. Penelitian medis juga membuktikan bahwa merokok dapat mempengaruhi perkembangan bayi dalam kandungan karena bayi akan kekurangan oksigen saat ia tumbuh.

Merokok tetap menjadi satu dari segelintir faktor penyebab yang sebenarnya dapat dicegah, yang menyebabkan berat lahir rendah, kelahiran prematur, kelahiran mati, dan kematian bayi mendadak.

Posting Komentar untuk "Apakah merokok membuat saya tidak bisa hamil ?"